Ketika pemerintah mengumumkan penurunan tarif telepon, ah lega rasanya. Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak menggunakan fasilitas telepon. Terutama handphone.

Ketika penyedia jasa layanan telepon seluler saling banting harga, ramai-ramai perang tarif dan fasilitas, ah seharusnya pengguna semakin diuntungkan. Harga terjangkau, fasilitas baik.

Saya sudah cukup lama menggunakan XL. Lebih dari 2 tahun. Alasannya sederhana. Dengan XL Bebas saya dapat gratis 100 SMS per hari ke sesama pengguna XL. Cukup untuk menjaga kontak dengan Lita, calon istri, tanpa boros pulsa.

Belakangan XL sedang gencar-gencarnya promosi. Cukup berhasil jika dilihat dari jumlah orang-orang di sekitar saya yang beralih ke XL. Sayangnya tidak diikuti dengan bukti atas janji-janjinya.

Sudah seminggu terakhir ini saya sulit menghubungi nomor lain. Nomor yang saya putar salah, katanya. Yang benar saja. Emosi ini rasanya meninggi ketika kata-kata yang sama berulang hingga tiga empat kali sebelum akhirnya benar-benar tersambung.

Sudah berapa kali pula SMS saya gagal terkirim. Perlu usaha beberapa kali sebelum akhirnya benar-benar terkirim. Benar-benar menguji batas kesabaran saya, apalagi di saat-saat saya benar-benar perlu menghubungi orang tersebut.

Ngobrol sepuasnya dengan tarif murah. Promosi ini benar-benar menggiurkan dan memang terbukti pada awal-awal saya mencobanya. Lebih baik telepon daripada SMS, itu pikir saya dan saya yakin kebanyakan orang yang beralih ke XL. Tapi patut diingat bahwa ini berlaku jika telepon Anda tidak terputus di tengah pembicaraan. Untuk bicara sejam, tergantung kapan kita menelepon, kita cukup membayar 600 rupiah saja. Tapi jika setiap 10 menit terputus, maka biaya akan menjadi 3600 rupiah. Entah sudah berapa kali pembicaraan saya di telepon terputus hari ini, hanya untuk kemudian berjuang lagi untuk menghubungi nomor yang sama. Nomor yang saya tuju salah. Panggilan sedang dialihkan. Tulalit. Apa yang harus saya lakukan?

Langkah paling baik yang ada dalam benak saya adalah telpon 817, customer service XL. Sudah sejak seminggu lalu saya mencoba menghubungi mereka. Tidak ada hasil. Jangankan berhasil mengeluh, komplain. Saya bahkan selalu dijawab oleh mesin penjawab bahwa mereka sedang melayani pelanggan lain. Tanda bahwa banyak yang komplain? Yang artinya XL sudah tidak sebaik dulu dan tidak sesuai dengan janji-janjinya. Lita yang mengisi pulsa bersama-sama di tempat yang sama di jam yang sama, tidak mendapat fasilitas gratis 100 SMS seperti yang dijanjikan. Saya dapat. Apa perbedaannya? Kelalaian toko? Karena customer service yang saat itu dihubungi meyakinkan bahwa pulsa yang diisi bukan Xtra, tapi pulsa Bebas biasa. Dia bilang sudah dilaporkan dan kami disuruh menunggu – entah menunggu apa. Hingga saat ini? Tidak ada perubahan.

Untuk XL. Saya kecewa. Benar-benar kecewa. Saya tunggu hingga akhir bulan ini. Tidak ada perubahan artinya selamat tinggal dan saya akan mencari pilihan lain yang lebih baik. Adios!